Minggu, 21 Desember 2014

KECEWA Pada Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan) ???

Kenapa kata KECEWA??? sebagai judul Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan) ?
Hal ini tak lain hanyalah untuk mengingatkan kita betapa di akhir tahun ini, hampir semua seller baik barang / jasa baik secara offline maupun on line yang berdidikasi dalam hal kualitas, akan ngebut untuk mendapatkan Hasil Survey Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan). 

Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya.  Jadi, kepuasan merupakan fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan. Jika kinerja berada dibawah harapan maka pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan maka pelanggan akan puas. Jika kinerja melebihi harapan maka pelanggan akan amat puas atau senang. Kunci untuk menghasikan kesetian pelanggan adalah memberikan nilai pelanggan yang tinggi.


Seberapa pentinglah Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan)?

 

Di era globalisasi, Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan) bukan hal yang tabu tapi sangat dianjurkan bahkan wajib dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki management mutu / quality yang bagus. 

Dunia usaha semakin terbuka untuk mendengar dan mengapresiasi apa dan bagaimana yang dimau customer. Dengan adanya Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan), maka kita tahu seberapa bagus nilai, mutu, pelayanan kita selama ini. 

Hasil survey tidak hanya untuk digeletakkan sebagai pelengkap dari data saja, namun harus dianalisa, karena di dalam lingkungan yang kompetitif, indikator yang dapat menunjukkan kepuasan konsumen adalah apakah konsumen tersebut akan membeli kembali dan menggunakan produk tersebut diwaktu yang akan datang.

Oleh karenanya, para Penjual barang / Jasa wajib memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya agar nilai Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan) bisa GOOD yang berarti menjaga loyalitas pelanggan kita.

0 komentar:

Posting Komentar